Skip to content

>SEJARAH SPSS

November 17, 2010

>Asal Mula

SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for Social Science. Pada 1968, Norman H. Nie, C. Hadlai (Tex) Hull dan Dale H. Bent, tiga orang pemuda dari latar belakang profesional berbeda, memperkembangkan sistem perangkat lunak yang berdasarkan gagasan statistika menggunakan untuk mengubah data mentah (RAW) menjadi informasi esensial untuk membuat keputusan. Sistem perangkat lunak statistik revolusioner ini disebut SPSS, yang menjadi calon Statistical Package untuk Ilmu Pengetahuan Sosial.
Nie, Hull dan Bent membangun SPSS dari keperluan untuk dengan cepat menganalisa volume data ilmu pengetahuan sosial yang dikumpulkan lewat berbagai metode penelitian. Dilakukan kerja pertama di SPSS di Stanford University dengan maksud untuk membuatnya tersedia hanya untuk konsumsi lokal dan tak ada distribusi internasional. Nie, seorang ilmuwan sosial dan Stanford doktoral calon, mengambil target sasaran dan menetapkan kebutuhan (requirements); Bent, doktoral calon Stanford University pada penelitian pelaksanaan, mempunyai keahlian analisa dan mendesain struktur berkas sistem SPSS, dan Hull yang baru tamat dari Stanford dengan gelar MBA-nya, memprogram SPSS.


Riwayat Perusaan

Sudah ada delapan tahap pertumbuhan di sejarah kelembagaan SPSS yaitu:

Tahun 1968-1975: “SPSS menjadi produk,” ketika teknologi terlebih dulu telah berkembang dan bertambah besar dinya sendiri sebagai perusahaan akademis. Pencipta SPSS, Norman H. Nie, C. Hadlai (Tex) Hull dan Dale H. Bent, menyebarkan pita sumber kode ke kecil, tetapi antusias, pemakai himpunan, sedangkan pemeliharaan dan peningkatan dilakukan oleh pengarang asli.

Tahun 1975-1984: “SPSS menjadi perusahaan.” Perusahaan secara terpisah tergabung ketika pendapatannya mengancam status non-profit oriented dari aslinya yang merupakan hosting institution, pada Pusat Penelitian Pendapat Nasional di Universitas Chicago.
Selama tahap awal ini, perusahaan telah ter-organized dan sejumlah inisiatif perkembangan dilakukan.

Tahun 1984-1992: “Era PC,” dengan Perusahaan bertambah besar dari $18 juta ke $38 juta atas kekuatan sistem analisa statistik yang menuntun pasar karena PC DOS. SPSS adalah yang pertama memasarkan produk perangkat halus statistik pada PC DOS.

Tahun 1992-1996: “Era Windows,” dengan Perusahaan mengapalkan versi Windows pertama software statistik pada 1992.Versi ini menggerakkan pendapatan ke $84 juta menjelang 1996. Perusahaan difokuskan di atas produk statistik, dan strategi akuisisi melengkapi tujuan ini dengan membawa masuk perusahaan produk statistik lain, seperti SYSTAT (1994) dan Jandel (1996).

Tahun 1997-2002: “peralihan perusahaan” Periode ini menjadi umur pertumbuhan dengan akuisisi dan kenaikan analitis lamaran sebagai komplemen untuk inti bisnis produk statistik. Perusahaan bertambah besar dari $110 juta pada 1997 dan memproyeksikan $209 juta pada 2002 lewat akuisisi Quantime (software penelitian pasar), ISL (software data mining), ShowCase (software kecerdasan perusahaan untuk pasar middle), NetGenesis (penggunaan analitik untuk data Jaringan), LexiQuest (software text mining), dan netExs (Jaringan interface untuk teknologi OLAP).

Tahun 2003-2004: Predictive analytics dengan berhasil didirikan sebagai bagian dari pasar.
Predictive analytics melengkapi dan meningkatkan teknologi informasi lain. Organisasi yang mengerjakan predictive analytics ini tak hanya mengetahui apa yang sudah terjadi, mereka juga tahu apa mungkin terjadi berikutnya.
Sangat penting, mereka mengetahui apa yang melakukan tentang itu dengan mempergunakan pengetahuan ini untuk menambah pendapatan, mengurangi biaya, dan memperbaiki hasil. SPSS memahami perlunya kesadaran dengan semakin meningkatnya keuntungan ini di antara sektor umum yang komersial, dan organisasi akademis yang dilayaninya. Untuk meningkatkan fokus di predictive analytics, SPSS memperoleh DataDistilleries,yang berbasis di Belanda sebagai provider aplikasi predictive analytic pada November 2003.
Pada 2004, SPSS mempercepat perkenalan predictive analytics lamaran,meningkatkan ketrampilan dan mengintegrasikan teknologi dari akuisisi baru saja, termasuk Data Distilleries. Versi baru PredictiveMarketing diperkenalkan, sama baiknya dengan aplikasi baru, Predictive Call Center. Perkembangan tambahan dipersiapan untuk aplikasi tambahan guna diperkenalkan pada 2005.

Tahun 2005-Sekarang: SPSS dikenal sebagai pemimpin di pasar predictive analytics.
Predictive analytics, yang menyatukan analytics yang maju dan optimasi keputusan, akan terus menjadi fokus.

From → sejarah

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: